CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 11 Februari 2010

Soal Hukum Kekekalan Energi Mekanik

1. Hukum Kekekalan Energi menyatakan bahwa energi tidak dapat hilang alias bersifat kekal, energi hanya dapat berubah dari suatu bentuk ke bentuk energi yang lain. Buktikan kebenaran pernyataan ini…

2. Sejauh ini, apa yang anda pahami tentang Energi Mekanik ?

3. Mengapa kita menggunakan istilah Hukum Kekekalan Energi Mekanik… tidak menggunakan istilah Hukum Kekekalan Energi Potensial atau Hukum Kekekalan Energi Kinetik saja ?

4. Coba jelaskan bagaimana perubahan energi yang terjadi ketika buah mangga jatuh dari pohon menuju ke tanah!

5. lanjutan dari soal nomor 4. Ketika jatuh di permukaan tanah, apakah energi mekanik buah mangga hilang ? jika tidak, kemana energi tersebut pergi ?

6. Apa perbedaan antara gaya konservatif dan gaya tak konservatif ? sebutkan juga contohnya!

7. Dari ketinggian 6 meter, buah mangga yang sudah matang jatuh menuju permukaan tanah. Berapakah kecepatannya ketika berada pada ketinggian 1 meter di atas tanah ? (g = 10m/s2)

8. Seekor tikus bermassa 0,2 kg dikejar kucing di atas atap rumah. Tikus tersebut lari terbirit-birit lalu terpeleset dan jatuh ke tanah. Jika atap rumah berada pada ketinggian 10 meter, berapakah kecepatan tikus ketika dicium tanah ?

9. Sebuah bola dilempar dengan kecepatan 10 m/s ke atas. Berapakah ketinggian yang telah dicapai bola ketika kecepatannya tinggal 2 m/s ? (g = 10 m/s2)

10. Sebuah balok bermassa 2 kg meluncur sejauh 1 meter lalu menumbuk pegas yang diletakan horizontal. Balok tersebut menekan pegas sejauh 6 cm dari posisi kendurnya. Bila konstanta pegas 800 N/m dan permukaan lantai kasar dengan koefisien gesek antara balok dan lantai adalah 0,2, tentukan kelajuan balok saat menumbuk pegas.

Tidak ada komentar: